BookHaul Juli 2016

20160731_174309-min

Dan dimulailah perjalanan yang akan membawa saya ke salah satu di antara dua tujuan. Menjadi seorang yang ingin memberi edukasi dan mengajak masyarakat membaca atau seorang tukang pamer buku meskipun buku yang saya miliki tidak terlalu banyak.

Pilihan kedua itu sangat mengerikan. Menjadi tukang pamer itu mengerikan. Dan masih terngiang-ngiang dalam pikiran saya ‘Apakah membuat posting BookHaul itu pamer?’ Namun dari blog dan video Youtube yang saya saksikan, BookHaul adalah kegiatan rutin bagi orang-orang yang ingin mengajak orang lain untuk terjun dalam dunia membaca.

Jadi disinilah saya, membuat sebuah pameran BookHaul.

Bulan Juli lalu adalah bulan yang penuh berkah. Dengan Idul Fitri dan berkumpul dengan keluarga membuat uang sangat mudah masuk ke kantong anak-anak remaja seperti saya. Dalam tahap hidup yang telah menemukan minat dan mumpung belum memiliki penghasilan, saya menjadi target pemberian THR oleh keluarga dan saudara-saudara. hihihi. Alhasil semua buku ini bisa dibeli.

Kita mulai pembahasannya!

Eragon. Gramedia Pustaka Utama, cetakan kesembilan, Mei 2010. Diterjemahkan oleh Sendra B. Tanuwidjaya. Buku karya Christopher Paolini yang telah diadaptasi menjadi film layar lebar dengan judul yang sama pada tahun 2006. Entah mengapa sekuelnya belum juga dibuat dan aktornya sudah tidak cocok lagi untuk memerankan tokoh remaja. Saya menyukai filmnya. Mungkin karena bias jadi tertarik untuk membeli bukunya. Tebalnya lumayan, 565 halaman dengan dimensi buku yang lebih besar dari kebanyakan novelku. Berharap bisa menyelam dalam dunia fantasi yang kompleks.

Eldest. Gramedia Pustaka Utama, cetakan keenam, Maret 2009. Buku kedua dari Eragon. 760 halaman. Kalau mempunyai buku pertama dalam sebuah seri, tidak enak rasanya kalau tidak ada lanjutannya. Buku kedua diterjemahkan lagi oleh Sendra B. Tanuwidjaya. Eragon dan Eldest keduanya sulit didapat di toko-toko.

Trilogi Legend, terdiri atas 3 buku. Penulisnya Marie Lu. Diterjemahkan oleh Lelita Primadani. Trilogi ini sekarang juga sudah sulit didapatkan di toko. Hiks. Saya sangat beruntung mendapat cetakan pertama dari buku langka.

  1. Legend, Mizan Fantasi, cetakan pertama, November 2012. 
  2. Prodigy, Mizan Fantasi, cetakan pertama, Agustus 2013.
  3. Champion, Mizan Fantasi, cetakan pertama, Maret 2014.

Beyonders : A World Without Heroes. Mizan Fantasi, Noura Books. Karya Brandon Mull, Diterjemahkan oleh Lulu Fitri Rahman. Cetakan kedua, Maret 2014. Buku ini juga lumayan langka, berasa memenangkan undian ketika melihatnya di katalog toko buku online dengan harga fantastis 15.000 rupiah. Bersama dengan buku ketiganya Beyonders : Chasing The Prophecy. (Diterjemahkan oleh Gusti Nyoman Ayu S., Cetakan pertama Mei 2016. 30 ribu untuk dua buku langka. Siapa yang tidak mau?

Buku selanjutnya yang berkategori #banjirdiskonuntukfitrah , Wool. (Hugh Howei, penerjemah Dina Begum, Mizan Fantasi, cetakan pertama, September 2014). kudapatkan dengan harga 14.000. Fantastis!

Selanjutnya ada Unravel Me. Buku kedua dari trilogi Shatter Me. Butuh waktu lama untuk mendapatkannya setelah membaca Shatter Me. jadi semangat melanjutkan agak kurang. Padahal semua serinya sudah terlengkapi.

Semua buku yang saya mention di atas termasuk kategori buku langka (At least in my own opinion). Semuanya di dapat dari toko buku online BukuKita

Adapun sebagai manusia pecinta buku, toko buku adalah tempat wajib. Walaupun mengetahui belanja online itu jauh lebih ekonomis dari belanja di toko dunia nyata. Toko buku menyajikan pengalaman belanja yang sangat menakjubkan. (bias). Memanfaatkan liburan selagi di Makassar, ya pergi saja ke toko buku.

Dari Gramedia Mall Panakkukang saya membeli :

  • The Atlantis Gene, karya A.G. Riddle. Diterjemahkan oleh Ahmad Alkadri. Penerbit Fantasious, cetakan I, Januari 2015. Sinopsis di belakang bukunya menyebut Jakarta. Penasaran saja untuk membaca karya penulis luar negeri yang mau menyebutkan ibukota Indonesia. Sampulnya menarik dengan menara yang kuduga adalah monas.
  • Yang paling spesial dari belanjaku adalah A Clash of Kings. Buku kedua dari seri A Song of Ice and Fire, karya George R.R. Martin. Penerbit Fantasious, cetakan pertama November 2015. Diterjemahkan oleh Barokah Ruziati dan Angelic Zaizai. Merupakan buku yang diadaptasi menjadi TV Series Game of Thrones, Buku dan Filmnya adalah dua unsur yang berbeda, dan keduanya sangat meledakkan jiwa.

Dari Gramedia Mall Ratu Indah saya membeli :

  • Hex Hall. Penerbit Fantasious. Karya Rachel Hawkins. Diterjemahkan oleh Dina Begum. Cetakan ketiga NEW EDITION, Agustus 2015. Tertarik dengan desain sampulnya yang melibatkan kucing hitam.
  • Across The Universe. Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Karya Beth Revis. Diterjemahkan oleh Barokah Ruziati. Cetakan pertama, 2014. Tertarik dengan desain sampulnya yang melibatkan bintang-bintang. (Upps.. Repetisi)

Belanja di Gramedia Mall Ratu indah waktu itu memberi saya pengalaman menyenangkan. Saya sedang mondar-mandir di bagian novel. Tiba-tiba ditanyai tentang buku yang dicari oleh salah satu penjaganya (penjaga??) tentang buku seperti apa yang saya cari. Tengterengtereng!!! Jawabannya sudah jelas fantasi. Lalu kakak itu menawari saya buku fantasi harga 15 ribu dan 30 ribu. Judulnya The Box of Amfarhees dan World After Spontan mata saya berbinar. Kalau Fitrah dihadapkan dengan buku fantasi diskon maka pilihannya adalah beli atau beli.

“When you play the game of discount, you buy or you regrets.” -Fitrah Lannister.

Tawaran itu saya terima. Dan Jengjerengjereng!!! 45ribu dapat 2 buku Fantasi. Asiikk.. Melihat dari tag yang dia tulis pada label harga, nama penjaga toko itu adalah Liana. Thanks kak Liana. What a beautiful name!

Itulah BookHaul saya di bulan Juli. Sebagai manusia yang belum memiliki penghasilan, kesempatan untuk belanja sebanyak itu hanya datang ketika dapat rejeki berlimpah pada waktu seperti momen-momen lebaran. Kesempatan untuk bisa memiliki buku adalah hal yang amat saya syukuri. Terima Kasih….

 

 

2 thoughts on “BookHaul Juli 2016

Leave a Reply

