RandomStuff – Saya dan Kamu yang Amatir Kini Bisa Desain Grafis!

jangan-tunjukkan-keburukan-yang-kamu-miliki-dengan-mentah-poleslah-keburukan-itu-agar-menjadi-keburukan-yang-layak-untuk-ditampilkan-andi-fitrah-insaan

Mengutip dari Wikipedia, “Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.” Membaca itu saya pun menganga tidak paham.

Yang saya mengerti atau yang saya kira diri saya mengerti tentang desain grafis adalah proses mencipta suatu karya visual yang melibatkan aplikasi ini dan itu dan sebagainya sehingga ada hasil bisa dilihat. Plakk!!!

Yahh… Marilah kita move on dari pengertian desain grafis dan mari samakan persepsi bahwa disain grafis yang kita maksud pada postingan blog ini adalah desain grafis yang ‘itu’. itunya terserah.

Hadirin sekalian yang kami hormati, saya perkenalkan, sebuah website ajaib, yang simple, yang sederhana, yang tidak rumit, untuk membuat sebuah ‘itu’…

canva

Kunjungi website nya di sini >>>>> Canva

Canva ini menyediakan aplikasi untuk mencipta desain. Saya pribadi sebagai seorang pelajar dulunya sangat takut ketika dihadapkan dengan tugas untuk membuat presentasi power point. Setelah bergabung dengan canva, membuat presentasi menjadi hal yang menyenangkan!

Beberapa hasil olahan Canva :

1.Slide Power Point Presentasi kimia.

3

2.Sampul Cerita Wattpad

starfall

3. Tugas Bahasa Indonesia membuat iklan.

clash-burger1

Semua karena Canva!!!

Website ini benar-benar direkomendasikan untuk saya dan kamu yang amatir. Semua dapat disesuaikan dengan keinginan kita.

Mengenai hasilnya yah tergantung kreativitas masing-masing pengguna. Jadi, jangan biarkan karya saya yang mungkin kurang menarik mengurungkan niat pembaca untuk menggunakan Canva. Please don’t. Karena pada awalnya semua orang adalah amatiran (kecuali memang bakat), waktu dan pengalamanlah yang akan membuatmu menjadi seorang pro.

Satu lagi hal yang luar biasa dari Canva yaitu GRATIS. satu kata GRATIS dapat membuat apapun menjadi yang terbaik. Walaupun ada konten yang berbayar seperti gambar, icon, dll, semua bisa tertutupi dengan meng-upload gambar sendiri. So, what do you think about it?

Mengenai kekurangannya, Kamu harus online untuk menggunakan Canva ini. Solusinya, lupakan saja kekurangannya dan fokus pada kelebihan yang ditawarkan website ini. Kita umpamakan Canva adalah oasis di tengah gurun. Dunia desain grafis adalah gurun pasir yang mengerikan, dan online adalah jalan yang harus di tempuh untuk mencapai oasis itu.

Bayangkan dirimu adalah seorang musafir yang kehausan di padang pasir (tidak mampu desain grafis), di depan sana ada oasis yang menyediakan air yang melimpah (desain grafis dengan canva), maka kamu akan berusaha untuk mencapai oasis itu walaupun rintangan dan halangan di depan mata (dalam kasus kita rintangannya adalah online). Tentu saja kamu akan melewati rintangan itu untuk kehidupan yang lebih baik di oasis.

Sama dengan untuk bisa menciptakan suatu karya dengan mudah, kamu harus rela online.

Untuk selengkapnya mungkin saya akan membuat post tutorial penggunnan Canva. Walaupun sederhana setidaknya postingan itu akan menambah angka pada penghitung jumlah blog post saya.

Pada akhirnya, saya ingin mengajak pembaca sekalian untuk menengok gambar paling atas dari postingan ini. Di situ terdapat kata-kata pribadi dari penulis.

“Jangan tunjukkan keburukan yang kamu miliki dengan mentah, poleslah keburukan itu agar jadi keburukan yang elegan untuk ditampilkan.”

Penulis tidak mengajak pembaca untuk melakukan keburukan, karena yang namanya keburukan sudah pasti buruk, terlepas dari pengertian masing-masing individu tentang hal yang baik dan buruk.

Untuk memahami esensinya, perhatikan representasi berikut ini :

keburukan melambangkan ketidakmampuan kita terhadap desain grafis. Polesan melambangkan aplikasi Canva yang bisa membantu Anda, Keburukan yang dipoles melambangkan Anda yang tidak bisa desain grafis tetapi menghasilkan karya desain grafis.

Walaupun kita tidak tahu desain grafis, setidaknya kita akan terlihat tahu karena adanya aplikasi Canva ini, jadilah kita terlihat elegan padahal sebenarnya tidak.

Jadi, Aplikasi apa saja yang sering kalian gunakan jika berkutat dengan masalah desain grafis? Apa pembaca sekalian tahu aplikasi lain yang sejenis dengan canva? Bagikan pengalaman Anda pada kolom komentarnya yah…

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s