BookMatter – Argumen Tentang Cover Film

andi-ittas-fantasy1

Membaca adalah salah satu bentuk petualangan. Petualangan tanpa harus banyak bergerak. Petualangan yang membawa kita ke banyak dunia lain yang tidak terpikirkan sebelumnya. Petualangan dengan kebebasan untuk membayangkan, dan menemukan kebahagiaan dalam ratusan halaman.

Suatu karya sastra, biasanya novel saat mencapai popularitas yang lumayan besar maka pihak-pihak pengusaha melihat peluang bisnis yang dapat diraup ke depannya. Satu kata singkat, Film.

Dalam kehidupan sehari-hari, saya lebih banyak menemui orang yang menyukai film. Karena film itu mudah dinikmati, sementara karya aslinya yang berasal dari buku bisa dikalahkan popularitasnya oleh film adaptasinya. Banyak alasan untuk malas membaca buku.

Alhasil, strategi marketing baru pun dijalankan. Memodifikasi buku tersebut dengan cover film untuk meledakkan popularitasnya.

Sebagai seorang penggemar buku, saya senang ketika buku yang saya sukai semakin populer dengan adanya cover film. Orang-orang akan menghubungkan buku tersebut dengan filmnya sehingga akan lebih memudahkan promosi.

Tidak ada yang salah dengan cover film. Itu adalah strategi bisnis untuk menghadapi dunia bisnis yang kejam. Apalagi untuk sebuah novel yang sudah lama terbit dan baru difilmkan akan sulit untuk membuatnya populer kembali dengan nuansa lama. Maka nuansa baru dengan menambahkan cover film akan memudahkan segala urusan.

Buku dengan cover film biasanya menampilkan si tokoh utama. Seperti contoh, dua buku di atas menampilkan Tris untuk Divergent, dan Percy untuk Percy Jackson bersama tokoh lainnya. Di buku divergent kita melihat Four, dan di buku Percy Jackson kita melihat Grover dan Annabeth.

Salah satu bagian terindah dari membaca buku adalah membayangkan. Kita bisa membayangkan bagaimana rupa tokohnya sesuai dengan deskripsi yang disajikan penulis. Membayangkan bagaimana tampang wanita dengan rambut pirang bergelombang itu, membayangkan mata abu-abu itu, semua sesuai dengan yang dituliskan penulisnya.

Tetapi cover film memberi kita tampang aktor dan aktris yang memerankan tokoh itu. Walaupun deskripsi fisiknya berbeda dan banyak perbedaan lain dari yang digambarkan penulis dalam bukunya. Sampul menyalahi isi bukunya apabila hal ini terjadi.

Mengubah deskripsi karakter dalam film adalah hal yang bisa ditolerir, tetapi menampilkan perubahan tersebut dan menginjak-injak karya asli dari penulisnya? Tidak. Sangat tidak.

Sebuah film mungkin membuat kita fokus kepada orang yang memerankan tokoh. Karena dalam film tokoh berkembang bersama pemerannya. Tetapi buku adalah karya asli dari penulisnya yang dinikmati dengan membayangkan seluruh isi buku terebut.

COVER FILM MENCURANGI KITA DENGAN MERENGGUT KEBEBASAN UNTUK MEMBAYANGKAN RUPA TOKOHNYA DENGAN DESKRIPSI YANG KADANG MELENCENG DARI ASLINYA.

Buku bukan tentang aktor atau aktris yang memerankan film itu, tetapi sebuah karya seni yang dinikmati dengan membaca.

Anyway, itu hanya sekedar pendapat dan pendapat bisa saling membantah dan bisa diteruskan sampai matahari terbit dari arah barat. Kamu juga bisa bebas berpendapat. Dukung hal-hal yang menurutmu benar atau yang kamu sukai.

Catatan Penting! :

  • Postingan blog ini hanya sekedar ajang untuk menyatakan pendapat tanpa maksud untuk memboikot cover film. Butuh kekuatan seluruh penggemar buku untuk melakukan hal tersebut.
  • Apapun yang terjadi, tetap support penerbit karena mereka bekerja untuk menghibur kita. Tanpa mereka kita tidak akan mempunyai seluruh buku yang hebat itu.
  • Selera setiap orang berbeda-beda. Begitupun pendapat orang berbeda-beda. Terlalu banyak perbedaan yang mungkin tidak terlalu penting untuk menimbulkan konflik. Mari fokus untuk membangun perdamaian.

Okay… Itulah pendapatku mengenai Cover Film. Singkatnya saya kontra, tetapi akan tetap menikmati dan mendukung pihak penerbit karena bagaimanapun yang paling penting dari sebuah buku adalah isinya.

Bagaimana pendapatmu tentang cover film? Let me know. Tulis di kolom komentar ya…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s