EnglishCorner – Why English? Alasan Belajar Bahasa Inggris?

EnglishCorner

Chapter satu dari banyak chapter yang saya rencanakan untuk membahas serba-serbi Bahasa Inggris yang di dalamnya akan ada banyak hal yang menarik untuk dipelajari, dipahami, dan dimanfaatkan.

Namun, sebelum mulai belajar bersama, ada baiknya jika kita menyamakan persepsi tentang pentingnya Bahasa Inggris dengan membahas hal-hal yang bisa memotivasi kita untuk mempelajarinya.

Saya sendiri yakin bahwa untuk menanamkan rasa cinta terhadap suatu pelajaran, lebih baik kita tidak menganggapnya sebagai sebuah kewajiban, melainkan sebuah kebutuhan untuk mengetahui segala hal, ini dan itu, serta asal usul dan segala hal mengenai itu bahkan sampai mendetail.

Alasan paling umum untuk belajar bahasa inggris adalah karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Tentunya kita telah berulang kali mendengar ungkapan tersebut.

Ungkapan yang diulang diulang diulang dan diulang dengan sendirinya menjadi common sense dan common knowledge (baca : nalar wajar dan pengetahuan umum, by Google Translate)

Berikut alasan-alasan yang telah saya rangkum.

1.Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional

Nah. Berulang lagi. Alasan ini paling sering saya dengar. Berhubung Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, maka dengan menguasai Bahasa Inggris kita bisa menyediakan sarana atau medium bagi diri kita sendiri untuk berkomunikasi dengan masyarakat dunia. Komunikas bisa melalui media sosial, kita bisa berbagi pengetahuan, berteman walau jagad maya, sampai cari jodoh. Who knows, right?

2. Bahasa Inggris dalam dunia kerja

Required language(s) _ Bahasa Indonesia, English

Saya sediakan sebuah tangkapan layar, kamu bisa lihat sendiri bahwa lowongan kerja itu disajikan dalam Bahasa Inggris dan di dalamnya juga terdapat keterangan bahwa Bahasa Inggris diperlukan dalam pekerjaan tersebut yang notabene merupakan perusahaan besar internasional (Nestlė, ini bukan promosi yo…) Saya dapat info lowongan kerja dari website ini.

Jika argumen satu ini tidak berhasil meyakinkan kamu untuk belajar Bahasa Inggris, kamu perlu menanamkan prinsip bahwa semakin banyak ilmu semakin baik.

3. Artikel Wikipedia berbahasa Inggris jauh lebih lengkap

Halaman Wikipedia Gwen Stefani

Wah. Saya sediakan lagi tangkapan layar untuk kalian. Selama bertahun tahun mencari informasi daring, saya tidak pernah puas dengan halaman wikipedia berbahasa indonesia. Dan sebaliknya, halaman berbahasa inggris sungguh lengkap. 2 daftar isi di atas tentang Gwen Stefani, bisa kalian bayangkan secuil informasi dalam Bahasa Indonesia. Seandainya ada yang rajin memperbarui halaman wikipedia Bahasa Indonesia… (Why won’t you?)

4. Wikia, Markas Fandom dengan Bahasa Inggris

harry potter wiki

Segala informasi tentang Harry Potter, Divergent, dll memiliki halaman lengkap di wikia. Seluruh penjelasan tentang tokoh, profil toko, plot dalam cerita, semuanya lengkap! Kalau kamu enjoy berbahasa inggris, menikmati serial tv dan film mu dengan membaca wiki sebagai suplemen akan membawamu ke tingkat selanjutnya dalam mengidolakan sesuatu. Wkwkwkwk (Fangirl Alert!) Wikia Harry Potter nih…

5.Menikmati musik dan karya sastra dalam esensi yang diciptakan penulisnya

Musik dan sastra merupakan sebuah karya seni yang pastinya bisa lebih kita hayati dalam bahasa yang digunakan penulis untuk menciptakan karya tersebut. Hal ini disebabkan karena dalam transliterasi bisa saja satu kata memiliki banyak makna, dan makna tersebut tidak ditangkap dalam proses penerjemahannya.

Misalnya dalam Bahasa Indonesia kita mengenal istilah kuda hitam, yaitu pemenang yang tidak disangka. Kuda hitam ini dalam bahasa inggris sepadan dengan kata ‘underdog’. Namun apabila kata underdog diterjemahkan secara harfiah dalam bahasa Indonesia berarti under = bawah dan dog = anjing.

6.Membaca petunjuk game dengan lebih mudah dan percaya diri

Nah, Saya rasa tidak perlu panjang lebar membahas tentang ini. Singkatnya beberapa game online memiliki kendala bahasa, jika menggunakan mode bahasa indonesia yang bisa mengakibatkan pemain jadi agak bingung. Kita bisa menikmati sepenuhnya konten game dengan bahasa inggris.

Setidaknya, poin-poin di atas adalah hal-hal yang memotivasi saya pribadi untuk belajar Bahasa Inggris. Saya harap pembaca sekalian bisa menemukan alasannya sendiri untuk belajar dan menjadi bilingual, sampai multilingual!

MAAFKAN AKU JIKA TERLIHAT PRETENTIOUS DAN OSTENTATIOUS (Baca : sok) , KITA SAMA-SAMA BELAJAR YO…!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s