ItTalk – Han Ji Pyeong, Saya Kagum!

Senyum Han Ji Pyeong pada episode terakhir Start-Up.

Start-Up, drama Korea yang kini sedang memecah belah publik, membuat kita dilema untuk berpihak kepada salah satu dari dua orang yang memperebutkan hati Seo Dal Mi. Antara Nam Do San atau Han Ji Pyeong. Setiap orang memiliki alasannya sendiri mau kagum dengan karakter yang mana. Tanpa niat untuk mendiskreditkan Nam Do San atau membandingkan keduanya, berikut ItTalk tentang mengapa Andi Itta’s Fantasy merasa kagum dengan karakter Han Ji Pyeong.

HATI – HATI SPOILER!

  1. From Zero to Hero

Alasan yang satu ini memang klise sih. Memang banyak tokoh dari cerita mana pun yang hidupnya bermula dari ‘nobody’ to ‘somebody’. Tetapi, dari semua cerita klise itu tentunya bisa mengingatkan dan memotivasi kita untuk turut meraih kesuksesan. Dikisahkan Ji Pyeong sebagai seorang anak yatim yang tentunya sangat minim akan ‘privilige’, namun di samping segala kekurangannya, dia bisa memanfaatkan kemampuan dan bakatnya sebaik-baik mungkin hingga bisa jadi seperti sekarang. Saya rasa kita perlu sering-sering diingatkan untuk terus berjuang hingga sukses. 🙂

2. Logical

Saya melihat Han Ji Pyeong sebagai tokoh yang mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan logikanya. Setiap keputusan pasti selalu dipikirkan baik-baik. Di samping itu, Ji Pyeong juga bisa menyadari hal aneh yang tidak disadari oleh orang lain (Ingat nasib SamSan Tech?). Melihat Han Ji Pyeong membuat saya tersadar kembali bahwa segala sesuatu dalam hidup ini harus dipikirkan matang-matang, kepercayaan pada orang lain harus tetap dibarengi dengan kewaspadaan.

3. Tulisan Kita Bisa Memberi Dampak pada Kehidupan Orang Lain.

Bergeraknya plot dalam cerita Start-Up ini tidak lain karena surat-surat dari Han Ji Pyeong yang menghibur dan memotivasi Seo Dal Mi hingga membuatnya jatuh cinta pada seseorang yang bahkan tidak pernah dia temui secara langsung. Sebagai seorang yang memiliki aspirasi untuk menulis, saya pun tersadar bahwa apa yang kita tulis bisa berdampak pada orang lain. Kekaguman pada Han Ji Pyeong membuat blog ini yang sudah vakum lebih dari 2 tahun belakangan kembali terisi. Saya mau menulis. Mungkin ada seseorang atau banyak orang di luar sana yang bisa tersentuh dengan apa yang saya sampaikan. 🙂

4. Meski Menyakitkan, Kita Perlu Mendengar Pendapat yang Jujur.

Han Ji Pyeong begitu jujur. Kejujurannya bisa membuat orang sakit hati. Namun dari kritik yang disampaikannya, semua demi keberhasilan orang yang dikritik. Tanpa manipulasi dan intrik, Han Ji Pyeong menyampaikan semua dengan apa adanya. Mungkin perasaan perlu dijaga, tapi kritik sangat diperlukan agar kedepannya bisa lebih baik. Saya sebagai orang yang sensitif dan mudah ‘down’ saat dikritik harus belajar untuk bersikap profesional.

5. Mengakui Kekalahan dan Fair Play.

Menerima kekalahan dengan ikhlas adalah hal yang sulit. Maka dari itu, wajar saja Han Ji Pyeong butuh waktu untuk menghindar, he’s human! Sering kali kita menemui tokoh yang gagal mendapatkan keinginannya lalu berubah menjadi jahat. Tapi Ji Pyeong menerima kekalahannya dengan lapang dada. Bahkan mengaku kalah di hadapan lawannya tanpa ada upaya jahat untuk sabotase. Dia juga jujur kepada Dal Mi menyampaikan bahwa mungkin dia sudah membuat Nam Do San salah paham dengan hubungan mereka.

6. Tidak Melupakan Orang yang Berjasa dalam Hidupnya.

Ini bagian terbaik dari drama Start-Up menurut saya. Interaksi antara Han Ji Pyeong dengan nenek Dal Mi sangat menyentuh hati sejak episode pertama. Sesukses apapun kita, janganlah lupa pada orang yang membantu di kala susah dan tidak punya apa-apa.

Yep! Itulah segelintir alasan saya mengagumi tokoh Han Ji Pyeong. Begitu kagumnya sampai menghidupkan blog yang sudah koma dua tahun belakangan ini. Start-Up secara keseluruhan banyak memberikan pembelajaran baru bagi saya yang tidak familiar dengan dunia bisnis, bahkan menimbulkan sedikit khayalan yang membuat saya berandai-andai bagaimana jika merintis sebuah perusahaan. Maafkan artikel ini yang kelihatan seperti menggurui. Saya menulisnya agar tidak lupa pelajaran apa yang saya petik dari tokoh Han Ji Pyeong. Terima kasih penulisnya dan semua orang yang terlibat telah menghadirkan karakter yang mendorong blog saya untuk punya postingan sejak dua tahun membeku.

Artikel ini hanyalah opini dan kalian pun bisa menuliskan opini sendiri di blog masing-masing ataupun kolom komentar. Siapa tahu ada yang mau mengungkapkan alasan dirinya kagum pada tokoh Nam Do San?

I hope I can write the next ItTalk

ItTalk = Itta + Talk = My Insignificant Opinion.

You Can Write Your Own Opinion Too!

Andi Itta’s Fantasy, 2020

ANDI ITTA’S FANTASY PREDICTION ON HAN JI PYEONG MBTI : INTJ

SUMBER GAMBAR : SCREENSHOT DARI NETFLIX

SPECIAL THANKS UNTUK ULENG DAN REYNO YANG SUDAH MENEMANI DISKUSI TENTANG DRAMA INI.

5 thoughts on “ItTalk – Han Ji Pyeong, Saya Kagum!

Leave a comment